Beranda > Musik > Biografi Metallica & Personel

Biografi Metallica & Personel


Image

Metallica didirikan pertama kali di Los Angeles – Amerika Serikat dengan nama The Young of Metal Attack. Formasi pertama Metallica adalah Lars Ulrich (drum), James Hetfield (vokal dan gitar), Lloyd Grant (gitar) dan Ron Mc Govney (bass). Formasi inilah yang kemudian melahirkan lagu pertama berjudul Hit The Light, yang kemudian masuk album kompilasi rock Metal Massacre tahun 1981.

Beberapa bulan kemudian grup ini berganti nama dengan Metallica yang konon merupakan gabungan kata Metal dan Vodca. Nama Metallica sendiri sebenarnya adalah nama yang diusulkan untuk sebuah majalah musik yang dicuri oleh Lars Ulrich sebelum majalah tersebut mendapat nama tersebut. Setelah Metal Massacre beredar, Grant dan Ron mengundurkan diri. Posisi Grant digantikan oleh Dave Mustaine dan posisi Ron digantikan Cliff Burton. Formasi ini kemudian pada Juli 1982 mengeluarkan demo-album No Life Till Leather. Demo inilah yang kemudian mengantarkan Metallica mendapatkan agen dan kemudian hijrah ke New York. Pada 1983, Metallica berencana akan melakukan tur pendek kebeberapa kota. Sayang Hetfield dan Mustaine malah terlibat perseteruan, hingga akhirnya Mustaine keluar dan kemudian mendirikan Megadeth. Posisi Mustaine digantikan oleh Kirk Hammett , gitaris dari grup Exodus. Formasi ketiga inilah yang kemudian mengeluarkan album Kill ‘Em All pada bulan Mei 1983.

Pada tahun 1984, Metallica semakin besar dengan menerbitkan album Ride the Lightning. Album ini bertahan 50 minggu dalam Billboard Top 200. Demi memperlancar promosi mereka juga mengeluarkan mini album Jump In The Fire. September 1985, Metallica memproduksi album Master Of Puppets. Kembali Metallica masuk Billboard Top 40 selama 72 minggu. Album ini merupakan album yang meraih platinum tanpa single dan video.

Tanggal 27 September 1986, dalam perjalanan tur ke Skandinavia – bus yang mereka tumpangi mengalami kecelakaan dan Cliff Burton (bass) meninggal dunia. Peristiwa ini begitu memukul seluruh anggota band. Bahkan Dave Mustaine yang telah mendirikan Megadeth, mengenang kematian Cliff dalam lagu In My Darkest Hour (album Megadeth: So far.. So Good.. So What!). Oktober 1986, posisi Cliff Burton digantikan oleh Jason Newsted, basis dari grup Floatsam And Jetsam.

Album And Justice For All beredar September 1988. Disinilah Metallica mulai mengeluarkan video klip. Video pertama mereka adalah untuk lagu One, video ini mencapai nomor 1 di MTV. Keberhasilan ini kemudian mendorong produksi video klip Cliff ‘Em All sebuah video kenangan untuk Cliff Burton. Akhir 1990 album Metallica direkam. Album ini membuat Metallica mencapai penjualan quadruple platinum dan menjadi album nomor satu di delapan negara Amerika dan Eropa. Serta meraih penghargaan Grammy Award, kategori Penampil Metal Terbaik dua tahun berturut-turut.

Basis jason Newsted mengundurkan diri dari band setelah bersitegang dengan James Hetfield. Perseteruan ini disebabkan Jason Newsted lebih menghabiskan waktu dengan proyek-nya sendiri. Anggota band yang lain menganggap Metallica harus diutamakan, meskipun pada saat itu Metallica sedang vakum. Grup ini pada saat ini beranggotakan Lars Ulrich (drums), James Hetfield (vokal dan gitar), Kirk Hammett (gitar) dan Robert Trujillo (bass). Mantan anggota lainnya termasuk Ron McGovney (bass), Dave Mustaine (gitar), Cliff Burton (bass) dan Jason Newsted (bass).

Pada tanggal 10 Agustus 2008 Metallica akhirnya telah menyelesaikan proses rekaman album studio baru mereka yang ke sembilan “Death Magnetic” yang akan diluncurkan pada tanggal 12 September 2008 di seluruh dunia. Album tersebut diproduseri oleh “Rick Rubin” dan proses rekaman dilakukan di Sound City Studios, Shangri La Studios dan di studio Metallica sendiri.
Single dan video klip pertama mereka “The Day That Never Comes” akan dirilis akhir bulan ini. Sebagai tambahan anda dapat mengunduh semua lagu dari album tersebut untuk digunakan dalam game “Guitar Hero III” pada hari saat peluncuran album “Death Magnetic” tersebut.

Discography

Album

  • 1983 Kill ‘Em All
  • 1984 Ride the Lightning
  • 1986 Master of Puppets
  • 1987 The $5.98 E.P.: Garage Days Re-Revisited (EP)
  • 1988 …And Justice for Al
  • 1991 Metallica
  • 1993 Live Shit: Binge & Purge (Live boxset)
  • 1996 Load 5
  • 1997 ReLoad
  • 1998 Garage Inc.
  • 1999 S&M
  • 2003 St. Anger
  • 2004 Some Kind of Monsters
  • 2008 Death Magnetic

James Alan Hetfield

Image

Biografi 

James Alan Hetfield Laki-Laki, Downey, California, Amerika Serikat, 03 Agustus 1963 adalah gitaris,penulis lagu, dan vokal utama untuk band heavy metal asal Amerika, Metalica. Metalica telah memperoleh Sembilan Grammy Award, telah merilis Sembilan album, tiga album live, dan 45 single. Pada tahun 2009, Hetfield ditempatkan di posisi 8 di Joel Mclver’s Book sebagai 100 Greatest Metal Gitarist.
Masa kecil

James Hetfiled memiliki darah keturunan Jerman, Inggris, Irlandia, dan Spanyol. Ia memiliki 2 kakak laki-laki dari pernikahan pertama ibunya dan satu adik perempuan.

Ayah Hetfield, Virgil, adalah seorang supir truk yang meninggalkan keluarganya ketika Hetfield masih kecil. Ibunya, Cynthia, adalah penyanyi opera. Kedua orangtuanya bercerai pada tahun 1976. Orang tua Hetfiled adalah pemeluk agama Kristen yang taat, dan mereka sama sekali tidak menerima obat-obatan atau perawatan apapun kecuali kepercayaan mereka pada agamanya, bahkan ketika ibunya sekarat karena kanker.

Ibunya, Cyntia, meninggal karena kanker padda tahun 1979 ketika Hetfield masih berumur 16 tahun. setelah ibunya meninggal, Hetfield tinggal dengan kakaknya, David.

Karir
Pada masa-masa awal, bandnya Metalica pernah beberapa kali berganti vokalis dan gitaris.
James bermain gitar solo pada lagu Nothing Else MattersMy Friend of MiseryTo Live Is to Die, dan Master of Puppets. Ia juga menulis harmoni gitar, lirik dan melodi vokal dan mengaransemen lagu Ulrich.
Pada 8 Agustus 1992, di Guns N’Roses/Metalica Stadium Tour, James menjadi salah satu korban ledakan, yang melukai tangannya, lengan, alis, wajah, dan rambut. Namun ia kembali kepanggung setelah 17 hari perawatan.

Kehidupan pribadi
Ketika ia sedang tidak menulis, bernyanyi atau bermain gitar, Hetfield melakukan kegiatan-kegiatan luar ruangan seperti, berburu, bermain skateboard, jet-ski, naik motor, dan menyaksikan pertandingan sepak bola. Ia juga pengkoleksi gitar-gitar unik.

Dalam sebuah sesi wawancara, Hetfiled mengungkapkan bahwa dirinya bahagia dengan keluarga kecilnya, istrinya Francesca dan tiga anaknya. Hetfield menikah dengan Francesca pada 17 Agustus 1997.

Lars Ulrich

Image

Biografi

Lars Ulrich lahir di Gentofte, Denmark, pada tanggal 26 Desember 1963. Ia terkenal sebagai drummer kelompok Metallica. Ayahnya adalah pemain tenis profesional dan musikus jazz Torben Ulrich yang bermain musik jazz bersama Stan Getz dan Miles DavisLars Ulrich mengikuti jejak ayahnya di kedua bidang tersebut Dia bermain tenis sejak kecil dan juga belajar bermain musik. Namun minatnya dalam bidang musik kemudian beralih setelah mendengar banyak kelompok musik dari the New Wave of English Heavy Metal (gelombang baru musik heavy metal dari Inggris).

Pada usia sembilan tahun ia pergi menonton konser kelompok Deep Purple dan menjadi penggemar drummer Ian Paice. Ketika berusia tigabelas tahun ia mendapat satu set drum dari neneknya dan mulai berlatih dengan serius.

Empat tahun kemudian ia pergi ke Los Angeles, California, Amerika dengan niat untuk bermain tenis. Namun kemudian ia memasang iklan baris di salah satu koran lokal untuk mencari orang yang berminat dalam bsang musik. Iklan itu mendapat jawaban dari James Hetfield. Berdua mereka kemudian menjadi inti kelompok Metallica.

Kirk Hammett

Image

Biografi
“Shredder Pelopor Gitaris Trash Metal”

Nama Asli : Kirk Lee Hammett
Tempat/Tgl Lahir : San Francisco, California / 18 November 1962
Gaya Permainan : Metal
Group Band terdahulu : Exodus
Group Band sekarang : Metallica
Pengaruh musikal : Ace Frehley, Eddie Van Halen, Jimi Hendrix
Gitar Yang Digunakan : ESP KH signature series, ESP Spider, ESP Flying-V, ESP Mummy, Jackson Randy Rhoads model,
Amply : Mesa Boogie Tremoverb 2×12 Combo Amp, Mesa Boogie Triaxis Pre-Amp, Mesa Boogie Strategy 400 Stereo power Amp, Mesa Boogie 4×12 Speaker Cabinet, Mesa Boogie 2×12 Speaker Cabinet, Mesa Boogie Dual Rectifier Amp, Marshall
Senar : Ernie Ball (010)
Kirk mulai tertarik pada musik setelah sering mendengar kakak laki-lakinya memutar musik-musik Kiss, UFO, Led Zeppeline, dan Jimi Hendrix. Setelah mendengar permainan gitar Ace Frehley, ia langsung tergila-gila dengan musik-musik Kiss dan kemudian membeli album Kiss. Hal itu membuatnya mulai mempelajari gitar pada usia 15 tahun. Ia mulai rajin mengutak-atik gitarnya untuk mendapatkan sound yang sesuai dengan keinginannya. Demam Van Halen yang melanda Amerika pada tahun 1978 rupanya berpengaruh juga terhadap Kirk. Ia menjadi semangat untuk membentuk band rock bernama Exodus. Kemudian pada bulan April 1983, Kirk mendapat telpon dari James Hetfield (gitaris sekaligus vocalis Metallica) yang menginginkan agar Kirk segera terbang ke New York untuk diaudisi menjadi gitaris baru Metallica menggantikan Dave Mustaine yang keluar (kemudian membentuk Megadeth). Kirk pun keluar dari California dan berangkat ke New York. Akhirnya Kirk bergabung dengan James Hetfield, Lars Ulrich, dan Cliff Burton dalam Metallica.

Album debut Metallica berjudul Kill ‘em All dengan cepat melambungkan nama Metallica. Album ini masih terasa pengaruh Iron Maiden dan Judas Priest. Warna Iron Maiden misalnya terdengar di lagu Hit The Lights. Namun permainan power chord yang ditampilkan James dan speed solo gitar yang ditampilkan Kirk membuat Metallica memiliki warna tersendiri.

Setelah merilis Kill ‘em All, Kirk kemudian belajar gitar dengan maestro gitar yang kemudian juga menjadi salah satu dewa gitar terkemuka dunia, Joe Satriani di Beerklee College of Music. Selain Kirk, murid-murid Joe Satriani lainnya adalah Steve Vai dan David Bryson (Counting Crows). Setelah itu ia dan Metallica merilis album Ride The Lightning pada tahun 1984.

Album berikutnya Master of Puppetts menjadi salah satu album tersukses Metallica dimana terdapat banyak hits yang makin mempertegas warna musik Metallica seperti Master of Puppetts, Sanitarium, Battery, dan sebuah lagu instrumental Orion. Setelah kemunculan album ini, bisa dibilang makin banyak gitaris muda yang mengcopy gaya permainan Kirk Hammett. Kemudian tahun 1988 sebuah album yang makin membuat Metallica mendunia, and Justice For All yang didalamnya terdapat lagu hits One.

Album-album selanjutnya, Metallica (Black Album) memperoleh angka penjualan yang fantastis. Konon terjual sebanyak 20 juta copy diseluruh dunia. Kemudian album Load (1996), Reload (1997), S&M (1999), dan St. Anger (2003) meski tak pernah sesukses album-album Metallica terdahulu (kecuali S&M) namun cukup untuk memperkuat eksistensi Kirk dan juga bandnya didunia musik. Bahkan pada tahun 2003 MTV memberi gelar MTV Icon pada Metallica atas kontribusinya terhadap dunia musik.

Dalam menggarap sebuah lagu-lagu Metallica, rata-rata Kirk menulis sampai 40 buah solo gitar. Meski dalam pembuatan lagu-lagu Metallica lebih didominasi oleh James Hetfield dan Lars Ulrich, namun kontribusi Kirk tak bisa dianggap remeh. Ia lah yang memasukkan permainan shredd kedalam musik-musik Metallica. Kirk juga berkali-kali terpilih sebagai gitaris terbaik versi majalah, dan baru-baru ini terpilih sebagai salah satu kandidat Greatest Metal Guitarist All Time di salah satu majalah terkemuka. Selain itu ia juga dibuatkan gitar signaturenya oleh pabrik gitar ESP.

Robert Trujillo

Image

Biografi

Robert Trujillo (lahir di Santa Monica, California, Amerika Serikat, 23 Oktober 1964; umur 47 tahun) adalah seorang bassis, yang telah bermain dengan Suicidal Tendencies, Infectious Grooves, Cyco Miko, Black Label Society dan Ozzy Osbourne sebelum bergabung dengan Metallica pada 2003.

Ia dibesarkan di Venice, California dan menonjol dibanding musikus lainnya. Ia bermain di beberapa band lokal sebelum bergabung dengan Suicidal Tendencies pada 1989, menggantikan bassis ketiga band itu, Stymee. Ia direkrut ke band itu oleh teman sekolahnya Rocky George, yang bermain gitar dengan Suicidal Tendencies pada saat itu. Karyanya dengan Suicidal Tendencies dianggap luar biasa, dan ia menambahkan pengaruh funk dalam musik band ini, seperti terdengar dalam album-album Lights…Camera…Revolution! dan terutama dalam Art Of Rebellion. Ia kemudian mengalihkan rekan sejawatnya Mike Muir ke musik funk, dan keduanya membentuk Infectious Grooves untuk bermain musik funk.

Kategori:Musik Tag:, ,
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: