Beranda > Backpacking yuk mari > Asiknya Menikmati Sego Kucing At Yogyakarta

Asiknya Menikmati Sego Kucing At Yogyakarta


Orang Jawa Bilang Sego Kucing

Ini Baru Taste

Makanan Istimewa

Nasi Kucing Pinggir Jalan

Libur semester kemarin saya dan tiga orang teman pergi ke kota mbah marijan, Yogyakarta. Selama berada di kota jogja,
kita hampir setiap hari makan nasi kucing. Harganya murah meriah, Rp 1000,00 per porsi. nasi kucing juga mudah dijumpai. Ada banyak angkringan yang berjejeran di sepanjang jalan malioboro, pathuk, depan keraton, sarkem, lempuyangan, dan tempat lainnya.

Nasi kucing atau sego kucing adalah kuliner khas jogja yang di sajikan dalam porsi kecil seperti ukuran nasi untuk kucing. Makanan yang disajikan berupa nasi kecil dengan lauk pauk seadanya seperti telor, tempe atau teri yang dipadukan dalam satu wadah. Bungkusnya adalah daun pisang dan kertas minyak. Angkringan biasanya tidak hanya menjual sego kucing (nasi kucing), tapi juga berbagai teman santapnya seperti sate telur puyuh, gorengan, the manis, kopi serta sate hati ampela.

Ketika makan sego kucing di angkringan, saya mendapati experience yang unik. Bapak/ibu penjual tampak ramah dan sabar dalam melayani pembeli. Merekapun akrab dengan para pembeli. Makhluk-makhluk lapar yang duduk disana juga terlihat lepas. Santai untuk makan, tertawa cekikikan, dan bersendagurau. Antara satu pembeli dengan yang lain cenderung akrab meski baru kenal di angkringan. Pembeli seakan menghilangkan status sosialnya disana. Tidak terlihat kaum borjuis atau ploletar seseorang di meja angkringan. Bahkan, dengan acuhnya, jika tempat duduk penuh, pembeli bisa makan sambil duduk di emperan toko atau jalan.

Menyantap nasi kucing dalam suasana yang guyub merupakan salah satu memori yang paling saya ingat saat bertandang ke kota jogja. Kekeluargaan yang terbangun di angkringan menjadi nilai lebih dari kuliner ini. Ternyata, produk yang murah meriah juga bisa menawarkan experience yang tinggi seperti starbuck. Sesuatu yang membuat saya candu untuk mencumbu jogja lagi.

*rincian harga

Nasi kucing: Rp 1000,00

Tempe bacem: Rp 500,00

Sate telur puyuh: Rp 2000,00

Kopi hitam: Rp 1000,00

Gorengan: Rp 500,00

Tahu bacem: Rp 500,00

Sate hati ampela: Rp 1000,00

Sate ayam: Rp 1500,00

Teh manis : Rp 1000,00

Es teh manis: Rp 1500,00

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: