Beranda > Teknologi > 10 Aplikasi Benchmark Android

10 Aplikasi Benchmark Android


Apakah ponsel quad-core Anda benar-benar lebih cepat dari perangkat lama yang hanya berbekal prosesor single-core?

Betulkah tablet yang baru dibeli bisa menjalankan game dengan lebih mulus? Jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut bisa diperoleh dengan software benchmark.

Software pengukur kinerja atau benchmark biasa digunakan untuk memperoleh gambaran mengenai performa sebuah perangkat -termasuk ponsel pintar dan tablet- dalam berbagai macam hal, mulai dari  kecepatan booting hingga kemampuan olah grafis.

Kebanyakan aplikasi benchmark menyajikan hasil  pengukurannya dalam format angka atau poin skor sehingga Anda bisa membandingkan kinerja sebuah perangkat  dengan perangkat lainnya.

Untuk platform Android, tersedia sejumlah aplikasi benchmark yang memungkinkan Anda melihat seberapa cepat smartphone atau tablet Anda dapat “berlari”.

Nah, di bawah ini ada sepuluh aplikasi benchmark terbaik yang bisa dicoba, dimulai dari peringkat terakhir. Oya, semuanya dapat diperoleh dari toko aplikasi Google Play tanpa bayar alias gratis!

10. Booth Benchmark

Sesuai namanya, aplikasi ini akan mengukur seberapa cepat sebuah perangkat Android bisa menyelesaikan proses booting. Selain itu, Boot Benchmark bisa menunjukkan proses mana saja yang digunakan dalam start-up, berikut besaran pengunaan CPU (utilization) untuk masing-masingnya.

Tiap informasi disajikan dalam grafis batang dan pie chart yang teperinci

9. Speed Test

Sesuai namanya, aplikasi ini akan mengukur seberapa cepat sebuah perangkat Android bisa menyelesaikan proses booting. Selain itu, Boot Benchmark bisa menunjukkan proses mana saja yang digunakan dalam start-up, berikut besaran pengunaan CPU (utilization) untuk masing-masingnya.

Tiap informasi disajikan dalam grafis batang dan pie chart yang teperinci

8. Linpack

Aplikasi yang satu ini akan mengukur kinerja single dan multi-threading dari prosesor yang tertanam di perangkat Anda. Kinerja diukur dari seberapa banyak operasi floating point yang dapat dilakukan dalam waktu satu detik, dalam satuan juta (millions of floating point operations per second, atau MFLOPS).

Skor perangkat bisa disimpan atau di-upload ke situs Linpack sehingga Anda bisa berkompetisi melawan pemilik perangkat lain.

7. Nenamark2

Nenamark2 adalah program benchmark grafis berbasis Open-GL ES 2.0 untuk perangkat-perangkat mobile kelas atas yang akan menguji kinerja unit pengolah grafis (GPU).

Dengan benchmark ini, Anda bisa melihat seberapa mulus game-game terkini atau yang akan datang di masa depan dapat berjalan di perangkat Anda. Hasil  pengukuran dijabarkan dalam satuan frame per detik (FPS). Semakin tinggi angkanya, semakin mulus game bisa berjalan.

6. Vellamo

Di saat sebagian pengguna sudah beralih menjelajah internet dengan perangkat mobile seperti sekarang, kinerja browsing menjadi suatu hal yang penting.

Inilah yang bisa diketahui lewat Vellamo, software benchmark yang akan mengukur kinerja jaringan, JavaScript, rendering halaman, dan user experience menggunakan serangkaian skenario yang telah menjadi standar industri.

Seperti Linpack, skor Anda bisa di-upload untuk dibandingkan dengan perangkat Android lain.

5. Smartbench 2012

Ingin mengukur kinerja prosesor multi-core dalam smartphone Android Anda? Smartbench 2012 adalah aplikasi yang mampu melakukan hal tersebut. Program benchmark ini menjalankan serangkaian pengujian dan memberi skor akhir berupa nilai produktivitas dan gaming.

Untuk keperluan perbandingan, kedua nilai  tersebut bisa di-upload ke situs Smartbench.

4. Quadrant 2.0

Benchmark pada Quadrant 2.0 meliputi pengukuran kecepatan CPU, I/O, dan grafis 3D. Aplikasi ini sudah  beredar selama bertahun-tahun dan menjadi software benchmark standar untuk Android.

3. CF- Bench 

Satu lagi program benchmark yang mampu mengukur kinerja CPU dan I/O perangkat Android Anda. CF-Bench memecah hasil pengukuran dari dua aspek tersebut ke dalam kategori-kategori terpisah. Aplikasi ini berguna untuk mengukur perubahan kinerja dari hasil update kernel atau tweaking.

Skor dari berbagai perangkat Androd ditampilkan di situs CF-Bench untuk dibandingkan dengan perangkat milik Anda.

2. GLBenchmark

Seiring perkembangan grafis dalam game yang semakin lama semakin kompleks, kemampuan olah grafis perangkat Android pun menjadi lebih penting. GLBenchmark menyajikan benchmarkyang difokuskan pada kinerja grafis  OpenGL ES 2.x.

Pengujiannya meliputi 33 jenis tes yang berbeda, termasuk animasi 3D, pengukuran kinerja grafis low-level, serta pengukuran kemampuan layar perangkat pada resolusi HD. Jika Anda berniat memainkan game pada perangkat Android, aplikasi ini wajib dicoba.

1. Antutu Benchmark

Aplikasi Antutu Benchmark mengukur kinerja secara komprehensif lewat pengujian “Memory Performance“, “CPU Integer Performance“,”CPU Floating point Performance“,”2D 3D Graphics Performance“, “SD card reading/writing speed“, dan “Database I/O“.

Hasilnya adalah skor komplit dari hampir semua aspek perangkat Android Anda.

Dari semua benchmark, Antutu memberikan skor yang yang paling konsisten dan menyeluruh. Apabila Anda hanya sempat mencoba satu benchmark, aplikasi ini adalah pilihannya.

Kategori:Teknologi Tag:
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: