Beranda > Meniru Bak Seorang Bussinesman > Chapter Bisnis Ritel

Chapter Bisnis Ritel


Bisnis kecil-kecilan ala mahasiswa
Selagi kamu masih memiliki kemauan dan keberanian untuk merealisasikan impian-impian anda , maka tidak ada yang sulit bagi kamu . Apapun itu . Begitu bila kamu mau mewujudkan rencana-rencana bisnis kamu . Bisnis yang ingin saya bahas adalah bisnis kecil-kecilan yang sekiranya terjangkau dan mampu diaplikasikan oleh para mahasiswa . Untuk itu ,nanti saya kan banyak merekomendasikan kepada kalian bagi mahasiswa tentang bisnis kecil-kecilan yang sekiranya dapat kalian garap sebagai mahasiswa , tentu saja dengan cara yang mudah praktis , sekaligus aplikatif .
Namun , Sebelum kalian memutuskan bisnis-bisnis kecil-kecilan apa saja yang akan kamu lakukan ,maka ada baiknya kamu membuat sejumlah persiapan terlebih dulu . Misalnya saja , kamu bisa melakukan persiapan mental , perencanaan-perencanaan teknis , lobi ,negoisasi dengan jaringan pertemanan atau networking yang kamu miliki dan lain-lain sebagainya. Manfaatkan semua peluang dan potensi yang ada untuk merealisasikan rencana-rencana bisnis kamu .
Rekomendasi Bisnis-bisnis yang cocok untuk Mahasiswa


1. Rekomendasi pertama :Bisnis ritel
Bisnis Ritel ( Eceran) ini bisa jadi memang merupakan bisnis yanng palin populer dan paling mudah dilakukan oleh kalangan mahasiswa . Sebenarnya , bisnis-bisnis ritel semacam ini banyak sekali ragamnya . Namun , bisnis ritel yang sekarang ini sedang populer mungkin adalah usaha julan pulsa dan hp second atau bekas . hanya modal beberapa ratus ribu saja , kita bisa menjadi agen pulsa . anya butuh modal beberapa ratus ribu saja , kita bisa jual hp second .

Bisnis semacam ini menag sangat mudah , praktis dan aplikatif. Bisnis ini tidak terlalu menyita waktu ,tidak pula terlalu menguras tenaga dan pikiran . Kalau da yang beli pulsa , tinggal ditransfer , bayar dan sudah selesai .Kalau ada yang meminta hp second ,tinggal kita tunjukkan stok dagangan yang kita miliki . Kalau tertarik , tinggal bayar , kalau tidak tertarik , silakan cari ke tempat lain atau kita bisa mencoba membantunya mencarikannya .

Mungkin bisnis ritel kecil-kecilan ini memang terkesan mudah , simple ,dan sangat praktis . Pangsa pasar atau tingkat kebutuhan pulsa dan hp di kalangan mahasiswa maupun di kalangan masyarakat luas memang sudah sangat vital , telepon genggam hampi-hampis sudah menjadi sebuah barang kebutuhan pokok . Tentu saja saya juga merekomendasikan kepada kalian khususnya teman-teman mahasiswa untuk melakukan bisnis ini , apalagi pangsa pasar nya sudah jelas , tingkat kebutuhannya jelas , peminat atau calon pembelinya juga sudah sangat jelas .

Ringkasnya , Bisnis pulsa dan hp second ini memang menggiurkan . teramat mudah , simple , dan praktis . Ada pun tidak perlu tempat khusus ( counter) untuk melakukan bisnis ini .Toh , Kalian bisa menjadi “agen “ berjalan atau “toko” berjalan . Namun segala kemudahan dan kepraktisan itu juga memiliki titik kelemahannya ! kenapa bisa demikian ? Kemudahan-kemduahan dan kepraktisan-kepraktisan yang ditawarkan oleh bisnis ini justru akan mengundang banyak orang untuk berbondong-bondong menekuni bisnis ini , dan inilah letak kelemahan bisnis pulsa ini .

Dengan banyaknya peminat yang juga ingin melakukan bisnis ihni , maka hal ini sama halnya dengan mengundang banyak pemain lain yang juga ingin berbisnis pulsa dan hp second ini .Hal ini mengindikasikan adanya tingkat persaingan yang tinggi . Sering kita jumpai , kios pulsa dan telepon genggam bekas berdiri berdampingan seolah berebut pembeli . Apalagi hal ini kalau bukan namanya tingkat persaingan yang tinggi , sekaligus juga keras . Coba deh kamu perhatikan di tempat kosan kamu , atau dimana pun kaki kamu melangkah , kamu akan melihat begitu banyaknya tempat-tempat atau orang-orang yang berjualan pulsa dan hp second ini , minimal berjualan pulsa .

Namun , ada beberapa tempat yang rupanya masih luput dari dari maraknya bisnis ini . kalian penasaran dan ingin tahu dimana tempat-tempat yang belum banyak terjamah oleh bisnis ini ? Tempat yang masih tersisa dan lupt dari bisnis yang lagi amat popular ini sayang hanya beberapa tempat saja . Diantaranya adalah di hutan , areal persawahan , perkebunan , pinggir-pinggir sungai , ditengah lautan dan tempat-tempat yang masih tersisa dan luput dari bisnis ini saking maraknya .

Silakan kalian tertawa . Toh sebenarnya saya juga memang ingin mengajak kalian tertawa , atau minimal tersenytum itu artinya , bisnis ini sebenarnya sudah menjadi titik jenuh atau setidaknya hampir-hampir mendekati titik akhir karena saking banyaknya orang bermain dalam bisnis ini , maka artinya kalian sama halnya tengah menceburkan diri ke dalam tritik jenuh atau ke situasi yang hampir-hampir mendekati titik akhir-yang tentunya saja syarat sekali akan persaingan .

Karena resikonya ada ,maka solusinya tentu juga ada ! solusinya yaitu bahwa dalam menghadapi persaingan , baik bagi kamu yang berbisnis menjadi seorang “Agen” atau “toko” berjalan maupun yang memiliki counter sendiri , jangan memakai prinsip ekonomi mengambil barang ( Kulakan) semurah mungkin , dan mengambil untuk setinggi atau sebanyak mungkin . Kalau kamu memaka prinsip semacam ini , alih alih mengambil untung dapat bertahan dalam menghadapi kerasnya persaingan , kalian malah akan ditinggal lari oleh pelanggan maupun calon pelanggan kamu . Akan repot jadinya kalu begini .

Kerasnya persaingan harus dihadapi dengan pintar-pintar menyusun strategi dalam berbisnis , kamu jelas tidak mungkin memakai prinsip ekonomi dalam neghadapi kerasnya persaingan , kamu mesti harus memakai prinsip kerasnya persaingan itu sendiri , yaitu ; mengambil barang (kualakan) semurah mungkin dan mengambil utung seminim mungkin ! itulah teori prinsip persaingan ! Lebih penting laku , punya banyak pelanggan-walau untung sedikit . Bukankah kamu tahu pepatah mengatakan demikian sedikit-demi sedikit lama-lama menjadi bukit ?

Inilah salah satu solusi jitu lama menghadapi kerasnya persaingan . Persoalan tentang bagaiman cara menaikkan harga itu adalah persoalan yang gampang dan ringan , hal yang lebih sulit lagi adalah bagaimana cara kamu mencari pelanggan . Semua ini bergantung dari bagaiman sikap kamu dalam melayani pelanggan hingga mereka bisa menjadi pelanggan-pelanggan yang setia pada kamu . Pada kesempatan ini , saya sengaja tidka akan membahas bagaimana cara dan strategi untuk menarik pelanggan . Barangkali di lain kesempatan saya akan banyak membahas persoalan ini lebih dalam lagi .
Saya akan mengatakan kalau sesungguhnya binsis ritel ini teramat banyak sekali ragamnya . Kamu bisa terjun dalam bisnis apa saja yang kamu inginkan . Berjualan pulsa dan hp second itu hanyalah sebatas contoh . Tentunya , Kalian dapat lebih bijak dan ebih tahu situasi , kondisi , lingkungan disekitar kalian berikut segala keterbatasan –keterbatasan yang kamu miliki . Setelah itu ,kamu mungkin bisa lebih memutuskan keinginan terjun dalam bisnis apa yang sekiranya tepat dan pas untuk anda . Misalnya saja , kamu bisa memilih untuk berbisnis menjual buku , pakaian , alat-alat kecantikan , makanan, barang elektronik , dan lain sebagainya.

Satu hal lain yang perlu kamu perhatikan disini adalah kamu harus memperhatikan apa yang dibutukan oleh orang-orang di sekitar kamu . Jangan hanya terpaku dalam bisnis pulsa dan hp second yang telah saya jelaskan di atas , Kamu bisa pula berjualan kebutuhan-kebutuhan pokok yang hasilnya pun ternyata juga tidak kalah menggiurkan bila dibanding dengan berjualan pulsa dan hp second . Apalagi ,pemain dalam bisnis ritel ini terhitung masih agak jarang .Coba perhatikan kebutuhan-kebutuhan pokok dari teman-teman atau orang-orang di sekitar kamu ,tetangga-tetangga kalian atau rekan-rekan kolega kalian yang lainnya . Apakah mereka memerlukan misalnya , odol , sikat gigi ,sabun , sampo, gula, kopi, majalah, kotan ,tabloid, sepatu, sandal ,pakaian, alat-alat kosmetik ,beras,peralatan dapur, dan seterusnya .

Dari sini ,kamu bisa mulai membidik peluang bisnis yang ada . Dari lingkungan yang sudah ada kenal terlebih dulu inilah keinginan kamu mulai merintis bisnis kecil-keclilan . Walaupun itu hanya bisnis kecil-kecilan , walau itu masih beroperasi si seputar kampus atau tempat tinggal kamu , namun hal ini jauh lebih baik daripada kamu hanya duduk ongakang-ongkang kaki menunggu kiriman uang dari orang tua !

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: